HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PILKADES Serentak Purwakarta, Waktunya Pemuda Ambil Alih Kepemimpinan Desa

 

Ilustrasi Pemuda/kompasiana



OPINI, SUARA PURWAKARTA - Jika tidak ada aral melintang, Kabupaten Purwakarta akan menyelenggarakan PILKADES (Pemilihan Kepala Desa) serentak pada agustus mendatang. Tentu ini momen yang tepat untuk giliran pemuda-pemudi diseluruh kabupaten purwakarta tampil dalam kontestasi politik desa.

Kenapa pemuda-pemudi harus terlibat?

Ini saatnya generasi milenial membangun bangsa dimulai dari desa! Saat ini gelontoran dana desa dari pemerintah daerah, provinsi, dan pusat angkanya bisa mencapai 1 miliar per-tahun. Dana sebesar itu jika tidak dimanfaatkan dengan baik akan berakhir tragis, yang akhirnya akan masuk kantong pribadi, masyarakat hanya akan mendapatkan “Jalan Leucir” saja. Ini masalah besar!

Padahal, dana sebesar itu bisa untuk melakukan banyak hal, ide-ide kreatif dari pemuda-pemudi desa yang ingin membangun desanya pasti sangat banyak dan bagus. Tapi jika Desanya masih dipimpin oleh generasi “Tua”, sangat mungkin ide kita tidak akan didengar. “Apa sih anak bau kencur!?” Paling itu yang keluar.

Untuk saat ini memang, 80% hingga 90% dana desa akan dialokasikan untuk bantuan COVID-19. Tapi covid-19 ini tidak akan selamanya! Ada waktu selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk membangun desa dengan dana desa. Ayo pemuda-pemudi Purwakarta ambil alih!

Sangat luar biasa jika sebuah desa dipimpin oleh pemuda, pemikiran masih fresh, tidak banyak kepentingan pribadi, merangkul pada sebaya, menghormati pada yang tua. Pemuda punya idealisme yang tinggi, satu-satunya kepentingan pemuda adalah melihat wilayahnya berkembang pesat, ide-ide kratifnya terealisasi dan berhasil.

Ayo pemuda-pemudi Purwakarta, saatnya bangun dan ambil alih pemerintahan desa.

Jika berani silakan calonkan diri, jika belum berani ajaklah calon yang masih muda untuk berkoalisi.

SUDAH WAKTUNYA YANG MUDA YANG MEMIMPIN WILAYAHNYA!!



Penulis: Rizky

Posting Komentar

0 Komentar