HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Beberapa Wilayah di DKI Jakarta Mulai Uji Coba Sekolah Tatap Muka

Foto uji coba sekolah tatap muka/detik



SUARA PURWAKARTA - Per hari ini, Rabu (7/4/2021) pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai melakukan uji coba sekolah tatap muka di sekolah hingga 29 April 2021 mendatang.

Dikutip dari laman resmi disdik.jakarta.go.id, pada tahap awal, terdapat 100 satuan pendidikan mulai dari jenjang dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan PKBM/LKP) yang memenuhi kriteria untuk selanjutnya mengikuti pelatihan.

Setelah mengikuti pelatihan selama 2 pekan, berdasarkan hasil pelatihan, dikatakan ada 85 satuan pendidikan memenuhi kriteria untuk mengikuti uji coba terbatas.

Tahap selanjutnya, pendidik dan tenaga kependidikan dari satuan pendidikan peserta uji coba terbatas dilakukan vaksinasi COVID-19 untuk memastikan kegiatan pembelajaran berjalan secara kondusif dan aman.

Adapun beberapa poin penting dalam penerapan uji coba pembukaan sekolah tatap muka terbatas sebagai berikut:

1. Jumlah hari tatap muka terbatas adalah 1 hari dalam 1 minggu untuk 1 jenjang kelas.

2. Jumlah peserta didik yang terbatas dengan maksimal 50 persen dari daya tampung per kelas dan pengaturan jarak 1,5 meter antarsiswa.

3. Durasi belajar yang terbatas antara 3 hingga 4 jam dalam satu hari.

4. Materi pembelajaran yang terbatas, yaitu hanya materi-materi esensial yang disampaikan pada pembelajaran tatap muka.

5. Satuan pendidikan yang telah mengikuti pelatihan pembelajaran campuran (blended learning).

6. Pendidik dan tenaga kependidikan telah dilakukan vaksinasi.

Selain itu, dalam penerapan pembelajaran campuran, orang tua memiliki hak penuh untuk menentukan apakah anak diberikan izin untuk mengikuti sekolah tatap muka atau belajar dari rumah.

Dengan demikian, pihak satuan pendidikan tetap melaksanakan belajar dari rumah terlebih bagi satuan pendidikan yang tidak lolos asesmen dan belum menjadi peserta uji coba sekolah tatap muka terbatas.



Sumber: Detik

Posting Komentar

0 Komentar