HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kemenparekraf akan Kembangkan Potensi Desa Wisata di Kabupaten Garut

Suasana desa wisata di Desa Sulaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Kemenparekraf mencatat terdapat 20 desa yang berpotensi menjadi desa wisata di Garut./dok: Diskominfo Garut



SUARA PURWAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan desa wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ini dilakukan sebagai upaya menggarap salah satu potensi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Garut ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa dengan sumber air panas dan pegunungannya yang sangat instagrammable serta industri kreatifnya yang sangat eksis," kata Sandiaga dalam siaran pers, Selasa (23/3).

Sandiaga mengatakan ketiga potensi tersebut dapat dipadukan dalam desa wisata. Terlebih, Garut memiliki banyak desa yang berpotensi menjadi desa wisata.

"Di Garut ada sekitar 20 desa yang berpotensi menjadi desa wisata. Indonesia memiliki 75 ribu desa dan saat ini ada 244 desa wisata yang sedang dikembangkan dalam suatu program yang terintegrasi," katanya.

Sandiaga menyebutkan Jawa Barat memiliki 11 desa wisata. Ia berharap di masa yang akan datang akan lebih banyak desa wisata yang berkembang di Garut.

"Mari sama-sama kita kembangkan desa wisata di Garut. Mulai dari profiling-nya hingga sertifikasinya," ucap Sandiaga.

Sementara itu, Bupati Garut, Rudi Gunawan mengatakan Garut merupakan kabupaten yang mendapat perhatian dari Presiden Joko Widodo. Perhatian tersebut diperlihatkan melalui pembangunan pusat pariwisata berkelas internasional di Situ Bagendit.

"Kami di Garut mempunyai beberapa objek wisata seperti laut, gunung berapi, dan pusat-pusat pariwisata lainnya dengan industri kreatif yang sangat luar biasa. Kami juga mempunyai tempat-tempat kuliner yang mengesankan," kata Rudi.




Sumber: Republika

Posting Komentar

0 Komentar