HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin Panen Hasil Tani, Ada Setya Novanto Hingga Jero Wacik

Sejumlah napi kasus korupsi seperti Setya Novanto hingga Dada Rosada menggelar acara syukuran dalam panen raya padi perdana di Lapas Sukamiskin, Kamis (28/1/2021). Foto/Ist



SUARA PURWAKARTA - Sejumlah mantan politisi, pejabat negara, hingga petinggi Polri beralih profesi menjadi petani di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung .

Ya, mereka adalah narapidana (napi) kasus korupsi yang tengah menjalani hukuman di lapas khusus koruptor itu, mulai dari mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto; mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik; mantan Koorlantas Polri Djoko Susilo; hingga eks Wali Kota Bandung Dada Rosada.

Sambil menjalani masa hukumannya, mereka menggarap sebidang lahan pertanian di area lapas. Selain ditanami padi, mereka pun menanam sayuran organik, seperti tomat, cabai, tanaman obat, hingga memelihara ikan.

Diketahui, sebelum dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, mereka memiliki status sosial yang tinggi dan kekuasaan dengan jabatannya masing-masing. Kini, layaknya masyarakat biasa, mereka terjun mencangkul tanah, memelihara tanaman, hingga terjun ke sawah.

"Kalau di lapas umumnya kan narapidana umum yang menggarap (pertanian), tapi ini beliau-beliau yang notabene status sosialnya tinggi mau terjun ke sawah," ujar Kepala Lapas Sukamiskin, Asep Sutandar.

Menurut Asep, aktivitas baru yang dilakoni para mantan elite politik hingga pejabat negara dan daerah itu merupakan bagian dari program kepribadian dan kemandirian di setiap lapas yang harus dijalani oleh setiap napi.

Selain bagian dari program lapas, lanjut Asep, aktivitas bertani yang mereka jalani bertujuan untuk mengisi waktu dan mengurangi stress. Terlebih, di masa pandemi COVID-19 saat ini, mereka pun diharapkan memiliki kegiatan yang positif.

"Sehingga mereka ada aktivitas dan mengurangi stress selama menjalani hukuman. Ada kegiatan, bukan sekedar mengisi waktu, tapi juga bermanfaat," katanya.

Menurut Asep, aktivitas bertani di Lapas Sukamiskin sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan ke belakang. Namun, belakangan, sejumlah koruptor, seperti Setya Novanto dan Dada Rosada lebih aktif bertani hingga giat terjun ke sawah.

"Kalau menggarap itu sudah beberapa bulan lalu lah, sudah ada sebelum saya ke sana (Lapas Sukamiskin), tapi intinya lebih difokuskan lagi. Cuma memang belum turun semua, ini baru tergerak," tutur Asep.

Jerih payah mereka dalam bertani pun akhirnya membuahkan hasil. Kamis (28/1/2021) kemarin, kata Asep, mereka panen raya padi untuk pertama kalinya. Panen raya ditandai dengan acara syukuran sederhana dengan makan nasi tumpeng bersama.

"Setya Novanto, Joko Susilo, Rahadian Jefferson, Jero Wacik hingga pak Dada Rosada juga ikut terlibat dalam panen raya ini," sebut Asep.

Asep menambahkan, konsep penjara saat ini tidak hanya sekedar hukuman, namun juga pemasyarakatan yang menjalankan fungsi pembinaan. "Meski lahan pertanian di Lapas Sukamiskin terbatas, tapi tidak mengurangi fungsi pemasyarakatan di Lapas Sukamiskin," katanya.



Sumber: Sindonews

Posting Komentar

0 Komentar