HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Masyarakat Umum Purwakarta Diestimasikan Mulai Vaksinasi COVID-19 Setelah Idul Fitri 2021

Ilustrasi vaksinasi COVID-19/pixabay

SUARA PURWAKARTA - Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum di Kabupaten Purwakarta diprediksi setelah Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat umum divaksin setelah lebih dulu dilakukan terhadap tenaga kesehatan (nakes) dan kelompok lainnya.

Ketua Harian Gugus Tugas (GTPP) Covid-19 Purwakarta, Iyus Permana, mengatakan, vaksinasi untuk masyarakat umum dilaksanakan pada periode ketiga atau setelah vaksinasi Aparatur Sipil Negara (ASN) bidang pelayanan publik.

"Insya Allah vaksinasi untuk masyarakat umum seusai Lebaran. Mudah-mudahan dalam pelaksanaanya berjalan aman dan lancar," kata Iyus dilansir dari MNC Portal Indonesia, Senin (25/1/2021).

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi gelombang pertama termin kedua, penerima vaksin adalah para nakes dan dilanjutkan untuk anggota TNI dan Polri serta ASN. Untuk jadwal vaksinasi perdana masih dalam pembahasan dan saat ini masih menunggu droping Vaksin Covid-19 dari Pemprov Jabar.

"Tadinya vaksin akan didrop pada 22 Januari 2021, namun sesuai jadwal dari Pemprov Jabar Vaksin, distribusi diundur menjadi 27 Januari 2021. Alokasi vaksin untuk Kabupaten Purwakarta sebanyak 4.220 dosis," ujar Iyus.

Ihwal kebijakan pemerintah pusat tentang vaksinasi mandiri perusahaan, dia menyatakan mendukung penuh. Kebijakan tersebut sangatlah positif terhadap APBD.  

"Kami sangat mendukung kebijakan vaksinasi mandiri. Tentunya akan terjadi efisiensi anggaran untuk alokasi vaksinasi. Sudah terbayang apabila semuanya dibiayai APBD, anggaran pastinya habis," ujar dia. 

Sejauh ini, kebijakan refocusing terhadap APBD Purwakarta 2021 akan kembali diterapkan. Untuk kebutuhan vaksinasi pemkab bakal memangkas Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar 4 persen atau sekitar antara Rp33-35 miliar. Sementara ini baru teralokasi Rp15 miliar. 



Sumber: Inews Jabar

Posting Komentar

0 Komentar