HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DPRD Provinsi Jawa Barat Siapkan Anggaran Rp 1,3 Miliar Untuk Pengadaan Tablet Smartphone

Foto: Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat/radarsukabumi

SUARA PURWAKARTA - Anggota DPRD Jabar mendapatkan fasilitas Tablet Smartphone, dalam menunjang kinerja sebagian wakil rakyat di DPRD Jabar. Nilai anggaran yang disiapkan dalam pembelian tablet smartphone tersebut, mencapai angka Rp 1,3 Milliar.

Pengamat Politik dan Hukum Tata Negara, Profesor Asep Warlan Yusuf menilai, bahwa hal ini sepatutnya tidak dilakukan oleh wakil rakyat kita.

“Hemat saya ini bisa dianggap pemborosan, kecuali kalo mereka belum punya alat komunikasi seperti itu wajar diajukan ke negara, dan dibiayai negara,” jelasnya, saat dimintai komentarnya mengenai fasilitas tablet bagi anggota DPRD Jabar, Senin (25/1) saat dihubungi.

Prof Asep Warlan Yusuf menambahkan, bahwa dengan pemberian tablet smartphone, apakah menjamin kinerja anggota DPRD meningkat?

“Kalau laptop kan memang pekerjaan sangat intens wajar, kalo handphone apa bisa dan butuh setiap saat. Apalagi beli handponenya pake uang rakyat, asa kumaha kitu nya,”terangnya.

Guru besar Universitas Parahyangan ini, menilai bahwa soal tablet ini bukan masalah butuhnya, melainkan etikanya.

“Apakah tidak sebaiknya anggota dewan menyatakan tidak usah beli alat komunikasi dari uang rakyat, mereka kan bisa beli sendiri sdengan spect yang sama. Jadi bukan masalah kebutuhan kalo kebutuhan pasti butuh semua, tapi alangkah baiknya beli sendiri karena kan mampu, ” jelasnya.

Perihal apakah anggota DPRD ini melanggar, Prof Asep menilai kalau secara UU memang tidak melanggar.

“Secara etika saja. Karena tugas dewan itu kan optimalisasi tugas kedewanan untuk menampung aspirasi rakyat, tapi kalau alat komunikasi aja dibiayai negara kan, gimana gitu,” pungkasnya.

Terpisah, Kabag Humas Setwan DPRD Jabar, Yedi Sunardi menjelaskan bahwa pengadaan tablet tersebut sudah memasuki tahapan realisasi.

“Itu diajukan pada anggaran pergeseran tahun 2020, niliainya mencapai Rp 1,3 Milliar,” jelasnya, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (25/1).

Yedi menambahkan, bahwa pengajuan bagi anggaran tablet smartphone tersebut sudah disetujui oleh Pemprov Jabar.

“Sudah, sekarang kalau tidak salah tinggal realisasinya ya, ” jelasnya.

Yedi menegaskan, bahwa anggaran ini ditujukan bagi kinerja anggota DPRD Jabar.

“Ini tablet penunjang kinerja, terlebih saat ini semua online dan era digitalisasi,” pungkasnya.


Sumber: Radar Sukabumi

Posting Komentar

0 Komentar