HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Berkunjung ke Purwakarta, Yuk Simak 10 Tempat Wisatanya Yang Murah dan Seru

Foto Sumber Pemkab Purwakarta


SUARA PURWAKARTA - Didominasi area perbukitan, membuat Purwakarta menjadi salah satu destinasi liburan yang memiliki udara sejuk dan bersih. Dekat dengan Bogor dan Bandung, Purwakarta menjadi destinasi alternatif kalau kamu bosan mengunjungi kedua kota tersebut. 

Berikut 10 tempat wisata di Purwakarta, surga tersembunyi di Jawa Barat. Gak bakal menyesal deh datang ke sini!


1. Hidden Valley Hills

Foto: Instagram/dodyjunior17

Hidden Valley Hills merupakan salah satu destinasi wisata yang lagi hits di Purwakarta. Kamu bisa mengunjungi kawasan yang memiliki vila, resor, dan sky pool ini.

Kawasan ini masih dalam tahap pembenahan. Eits, tapi jangan salah, pengunjungnya ramai banget karena tempatnya cukup Instagramable. Banyak spot foto yang bisa jadi pilihan, mau renang atau sekadar bersantai pun boleh. 

Pemandangannya langsung ke Gunung Lembu, Gunung Cupu, dan Gunung Parang. Bikin betah, udara di sini sejuk banget. 

Alamat: Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.


2. Bukit Katumbiri

Foto: Instagram/mojangjajaka_purwakarta

Dalam bahasa Sunda, Katumbiri berarti pelangi. Destinasi wisata ini baru saja dibuka, sekitar awal tahun 2018. Kamu bisa menikmati pemandangan indah, seperti perbukitan hijau dan terasiring.

Ada beberapa spot foto juga yang menarik dijadikan latar. Tiket masuknya cuma Rp10 ribu saja per orang, murah kan?

Alamat: Bukit Katumbir, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


3. Urban Farming

Foto: Instagram/iissmaesaroh

Gak perlu jauh-jauh ke Eropa, kamu bisa menikmati suasana yang sama di Urban Farming Purwakarta. Rumah bercat warna-warni dengan tanaman gantung yang membuat suasana lebih hangat.

Ada pula kebun bunga juga yang Instagramable banget, serta tempat yang menyediakan berbagai benih, dari bunga, sayuran hingga buah-buahan.  Tiket masuknya cuma Rp15 ribu, buka selama pukul 08.00-16.00 WIB.

Alamat: Benteng, Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


4. Cikao Park

Foto: Instagram/emil_kamilah

Lagi hits, Cikao Park jadi incaran kaum millennials di di Purwakarta. Setiap akhir pekan, tempat ini selalu ramai pengunjung.

Alam sekitarnya masih asri, bikin betah untuk santai berlama-lama. Ada waterpark, taman satwa, bird park, mini zoo, area bermain, gazebo, hingga taman lampion. Daya tarik lainnya yakni batu-batuannya dicat warna-warni. Tiket masuknya Rp15 ribu di hari biasa, dan Rp20 ribu di akhir pekan.  

Alamat: Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purawakarta, Jawa Barat.


5. Desa Sajuta Batu

Foto: Instagram/up.hogie88


Penuh dengan batu alam, kawasan ini dinamai Desa Sajuta Batu. Tetap mempertahankan keasliannya, desa ini memiliki pemandangan yang asri dan objek menarik lainnya, seperti cagar budaya, arena rock climbing, memancing, berkemah, flying fox, pendakian gunung, dan olahraga offroad. 

Alamat: Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


6. Curug Tilu

Foto: Instagram/idris_aje


Jarang pengunjung, Curug Tilu masih belum dikenal banyak orang. Tapi, justru itu daya tariknya. Kamu bisa menikmati pemandangan alam yang masih asli.

Warna airnya hijau, Curug Tilu disebut mirip dengan Grand Canyon di Pangandaran. Ada penyewaan pelampung di sini, aman buat kamu yang gak bisa berenang. Harga tiket masuknya cuma Rp5.000.

Alamat: Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


7. Curug Cipurut

Foto: Instagram/armanfauzigultom


Asri banget, Curug Cipurut berlokasi di Gunung Burangrang. Sama seperti Curug Tilu, tempat ini juga masih jarang pengunjung. Warga sekitar sengaja meminimalisir fasilitas di sini supaya alami dan kelestariannya tetap terjaga.

Kalau mau ke sini, kamu harus melewati perkampungan warga dan perkebunan teh sekitar 20 menit. Ada tiga curug dalam satu area dengan ketinggian berbeda.

Kamu bisa menikmati percikan air terjun, berseluncur, hingga berkemah di sini. Tiketnya Rp5.000 di hari biasa, dan Rp20 ribu saat akhir pekan. 

Alamat: Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


8. Gunung Lembu

Foto: Instagram/wandi_1787


Pemandangannya indah, kamu wajib banget berkunjung ke Gunung Lembu. Untuk mencapai puncak, kamu harus melewati rute pendakian yang cukup menyusahkan.

Jadi, kamu harus menyiapkan tenaga lebih. Tapi tenang, karena rasa lelahmu akan hilang seketika sesudah sampai di atas.

Banyak pendaki menganjurkan mengunjunginya saat sore hari, senja matahari terbenam terlihat jelas di Gunung Lembu. Kalau ingin lebih romantis, coba deh mendaki saat malam hari. Pemandangan city lights Purwakarta akan menyambutmu dengan hangat!

Alamat: Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


9. Taman Air Mancur Sri Baduga

Foto: Instagram/purwakartashoot


Kalau mau menghabiskan malam di Purwakarta, coba deh mampir ke Taman Air Mancur Sri Baduga. Air mancur yang menari-nari tampak begitu indah, karena dipadukan dengan lampu warna-warni. Weekend-mu akan lebih berwarna, apalagi dihabiskan bersama sahabat atau keluarga.

Alamat: Situ Buleud, Negeri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat.


10. Waduk Jatiluhur

Foto: Instagram/kartika_septianita


Kalau datang ke Purwakarta, wajib banget berkunjung ke waduk terbesar di Indonesia, yakni Waduk Jatiluhur. Warga sekitar sering mengunjunginya saat akhir pekan, biasanya untuk berolahraga atau sekadar bersantai melepas penat. 

Air yang tenang dipadukan dengan pepohonan yang rindang, bikin betah berlama-lama di sini. Apalagi ada beberapa spot foto, seperti rumah pohon, balkon, ujung perahu, dan tangga berputar. 

Alamat: Jalan Waduk Jatiluhur, Kabupetan Purwakarta, Jawa Barat.


Itulah 10 tempat wisata di Purwakarta yang bisa jadi jujugan liburanmu selanjutnya. Jadi mau ke mana kita?


Penulis: Fina Wahibatun Nisa

Sumber: IDN Times

Posting Komentar

0 Komentar