HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ada Celah Pada Keamanan Aplikasi TikTok, Data Pengguna Terancam

Ilustrasi TikTok/bbc



SUARA PURWAKARTA - Ditemukan sebuah celah keamanan di aplikasi TikTok yang membuat data pribadi penggunanya bisa dikumpulkan dengan mudah.

Data pribadi yang terancam ini termasuk nomor ponsel dan pengaturan profil. Adalah Check Point yang pertama mengungkap celah ini, dan menurut mereka, informasi ini bisa dipakai untuk memanipulasi informasi akun pengguna, dan juga membuat database pengguna TikTok.

Celah yang dimaksud peneliti keamanan Check Point tersebut ada di fitur Find Friend, yang memperlihatkan nickname pengguna, user ID, profil, dan foto avatar. Namun untungnya, sejauh ini belum ada bukti kalau celah ini sudah pernah disalahgunakan, dan celahnya sendiri langsung ditambal oleh TikTok.

"Pelaku yang punya informasi sensitif setingkat ini bisa melakukan bermacam aktivitas ilegal, seperti melakukan spear phishing ataupun aksi kriminal lain. Pesan kami untuk pengguna TikTok adalah memberikan informasi seminimal mungkin terkait data pribadi," ujar Ekram Ahmed, juru bicara Check Point dalam pernyataannya.

TikTok pun mengaku bahwa keamanan dan privasi pengguna adalah prioritas tertinggi mereka, dan berterima kasih atas temuan dari Check Point yang sudah dilaporkan ini, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (27/1/2021).

"Kami akan terus meningkatkan pertahanan kami, baik dengan terus memperbarui kemampuan internal seperti pertahanan otomatisasi, dan juga bekerja dengan pihak ketiga," ujar juru bicara TikTok dalam keterangannya.

Ini bukan pertama kalinya TikTok punya masalah keamanan. Pada 2019 lalu anak usaha ByteDance itu juga digugat oleh penggunanya di Amerika Serikat karena dituding menyebar data pengguna mereka ke pemerintah China.

Lalu ada juga US Army (Angkatan Darat AS) yang memblokir tentaranya untuk menggunakan aplikasi ini. Padahal sebelumnya mereka pernah menggunakan TikTok untuk merekrut tentara baru.

Celah keamanan di TikTok juga sebelumnya pernah terungkap ke publik, seperti saat Check Point menemukan sejumlah celah di aplikasi TikTok yang membuat penggunanya rawan terkena serangan cyber dan peretasan.



Sumber: Detik

Posting Komentar

0 Komentar