HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tugas Berat Menparekraf Sandiaga Uno

Foto: Sandiaga Uno


SUARA PURWAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) memiliki menteri baru. Mencopot Wishnutama Kusubandio, Presiden Joko Widodo menunjuk Sandiaga Uno.

Sandiaga ditunjuk sebagai menparekraf menggantikan Wishnutama pada Selasa (23/12/2020). Keputusan itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Jakarta Pusat.

Sandiaga ditunggu tugas berat sebab pariwisata dinilai sebagai sektor paling terpukul oleh pandemi virus Corona. Sebagai gambaran, setelah pemerintah menerapkan pengetatan terukur untuk menekan penularan COVID-19 menjelang libur Natal dan tahun baru, refund hotel mencapai Rp 1 triliun.

Padahal, dunia belum dapat memastikan berakhirnya wabah ini. Bahkan, kehadiran vaksin pun dinilai bukan solusi instan untuk menyetop pandemi COVID-19. Pemerintah menyebut setidaknya membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan untuk menyebarkan vaksin itu.

Sandi menyadari situasi sulit yang bakal dihadapinya. Dia mengungkapkan usai ditunjuk menjadi menparekraf di Istana Negara.

"Tentunya, dalam konteks ini, tugas dan amanah yang disampaikan oleh Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari COVID-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi COVID-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

"Kedua, tentunya adalah jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta yang mesti kita selamatkan," dia menambahkan.

"Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan jadi lokomotif pasca-pandemi COVID-19 untuk kita melanjutkan agenda-agenda pembangunan di sekitar ini untuk terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan menghadirkan kesejahteraan pada rakyat, masyarakat Indonesia," Sandiaga Uno menegaskan.


Sumber: Detik

Posting Komentar

0 Komentar