HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pencairan JHT di Purwakarta Capai Rp. 1,5 Miliar per Hari

Kepala BP Jamsostek Cabang Purwakarta, Herry Subroto/pikiran-rakyat


SUARA PURWAKARTA - Meningkatnya pengajuan pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) ke BP Jamsostek Cabang Purwakarta lantaran banyaknya karyawan atau pegawai yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Bahkan, pengajuan JHT itu mencapai 37.138 kasus, dengan 90 persennya adalah kasus PHK akibat dampak pandemi.

Dari 37.138 kasus tersebut, BP Jamsostek Purwakarta telah membayar JHT dengan total Rp396,82 miliar.

Baca Juga: Siapkan KTP, Login di eform.bri.co.id/bpum, Cek Penerima BPUM BLT UMKM Rp2,4 Juta

Angka ini tercatat dalam kurun waktu hampir setahun. Jika dirata-ratakan dengan hari kerja, berarti dalam periode setahun tersebut BP Jamsostek telah membayarkan JHT Rp1,5 miliar per hari.

"Total yang digelontorkan hingga saat ini adalah sebanyak Rp 396,82 miliar dengan jaminan hari tua paling dominan," kata Kepala BP Jamsostek Cabang Purwakarta, Herry Subroto, Selasa, 22 Desember 2020.

Adapun rinciannya yaitu jaminan hari tua (JHT) 34.101 kasus, jaminan kematian (JKM) 254 kasus, jaminan kecelakaan kerja (JKK) 2.107 dan jaminan pensiun (JP) 676 kasus.

Artinya, BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp362, 25 Miliar untuk Jaminan Hari tua (JHT) serta telah mengeluarkan Rp 13,5 miliar untuk klaim jaminan kematian (JKM) bagi 254 tenaga kerja yang meninggal.

"Sedangkan untuk jaminan pensiun (JP), telah menyalurkan Rp 4,49 miliar. Untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Rp 16,50 miliar," ujarnya.

Herry menjelaskan pihaknya telah membuka layanan di Bale Madukara bagi para peserta yang akan mengajukan permohonan. Sementara untuk jalur online dalam satu hari Jamsostek hanya menerima sebanyak 150 peserta.

Baca Juga: Siapkan KTP, Cek Penerima BST Bansos di dtks.kemensos.go.id, Dapat Bantuan Rp300 Ribu per KPM

"Iya dibatasi tapi untuk offline bisa kami terima" katanya.

Lebih jauh Heryy menjelaskan, pihaknya saat ini tengah mengusulkan Purwakarta menjadi salah satu penerima penghargaan Kabupaten kota peduli jamsostek atau Paritrana Award.


Sumber: Purwakarta News - Pikiran Rakyat

Posting Komentar

0 Komentar