HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kodim 0619/Purwakarta Berkomitmen dan Konsisten Wujudkan Ketahanan Pangan

Foto: pasundanekspres

SUARA PURWAKARTA - Kodim 0619/Purwakarta terus menunjukkan komitmen dan konsistensinya dalam ketahanan pangan. Berbagai program dilaksanakan oleh Kodim 0619/Purwakarta hingga ke tingkat koramil yang berada di wilayah teritorialnya. Istimewanya, dalam menjalankan program ketahanan pangan itu selalu melibatkan warga setempat.


Salah satunya ditunjukkan oleh Babinsa Koramil 1906/Sukatani yang bersama-sama warga melakukan ngoyos, yaitu menyiangi lahan dari rumput-rumputan yang tumbuh di sekitar tanaman utama dengan menggunakan kored atau cangkul. Tujuannya agar pertumbuhannya maksimal.


Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan melalui Danramil 1906/Sukatani Kapten Arm Amarudin mengatakan, pihaknya bersama-sama warga memanfaatkan lahan kosong dengan ditanami jagung manis di lahan tanah seluas tiga hektare di Blok Perhutani PTPN VIII Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.


“Lahan tidur ini kami manfaatkan sebagai demplot dengan ditanami jagung manis guna meningkatkan perekonomian daerah setempat. Karena itu pula prosesnya dilakukan bersama-sama dengan warga yang kebetulan mayoritas sebagai petani,” kata Amarudin kepada koran ini di Purwakarta, Rabu (16/12).


Senada disampaikan anggota Koramil 1906/Sukatani Serma Urip Marsigit yang terjun langsung melaksanakan ngoyos. “Saat ini usia penanaman jagung manis sudah berjalan satu minggu dan kami bersama masyarakat setempat melakukan pemupukan dan ngoyos untuk membersihakan rumput dan hama di lahan yang sudah di tanami jagung manis,” ucapnya.


Menurutnya, dengan melakukan ngoyos ini proses pertumbuhan jagung manis akan lebih maksimal. “Sehingga diharapkan dan hasilnya pun bagus dan melimpah serta dapat mendukung ketahanan pangan warga setempat,” kata Urip.(add/ysp)


Sumber Artikel pasundanekspres

Posting Komentar

0 Komentar