HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Inikah Nama-nama Calon Menteri Baru Jokowi?

Ilustrasi Reshuffle

SUARA PURWAKARTA - Kabar santer Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan reshuffle kabinet akhir Desember 2020. Siapa saja nama menteri baru yang bakal masuk kabinet Jokowi?

Isu reshuffle kabinet seolah terkonfirmasi dengan adanya pertemuan empat mata Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin pagi hingga siang ini. Apalagi salah satu tema pembicaraan rapat penting ini salah satunya terkait evaluasi kinerja menteri.

"Ya kan banyak isu terkait pergantian menteri dan segala macam, saya nggak tahu, karena nggak ada penjelasan," kata juru bicara Wapres Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, Senin (21/2/2020).

Perihal isu reshuffle kabinet ini sudah tersebar luas juga di kalangan parpol koalisi pemerintah. Bahkan PKB sudah mendengar jumlah menteri yang bakal kena reshuffle.

"Saya dengar ada 6 posisi," ujar Ketua Ketua DPP PKB Faisol Riza kepada wartawan.

"Tapi mungkin bisa lebih," imbuhnya.

Lantas, siapa saja calon menteri baru Jokowi nantinya? Berdasarkan isu yang berembus luas, setidaknya ada enam kementerian yang kabarnya akan kena evaluasi, yaitu Kemenkes, Kemenparekraf, Kemensos, Kemendag, Kemenag, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Isu santer, Sandiaga Uno masuk bursa calon Menparekraf, sedangkan Tri Rismaharini (Risma) konon bakal menjadi Mensos pengganti Juliari Batubara yang kena OTT KPK. Sementara itu, M Luthfi, yang kini menjadi Dubes RI di AS, masuk bursa calon Menteri Perdagangan, yang kini diisi politikus PKB Agus Suparmanto.

Untuk bursa calon Menteri Agama, masuk nama Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf dan terakhir nama Wahyu Sakti Trenggono dikabarkan akan mengisi kekosongan kursi Menteri KKP, yang ditinggalkan Edhy Prabowo yang kena OTT KPK.

Risma, yang kabarnya sudah sangat dekat masuk kabinet Jokowi, pun sudah memberikan sinyal kuat masuk kabinet. "Nanti dilihat, istikharah dulu, iso opo ora (bisa atau tidak). Kan nanti ngomong yo, yo, gak isok (Kalau nanti bilang iya, iya, tidak bisa)," ujar Risma kepada wartawan di rumah dinasnya Jalan Sedap Malam, Senin (14/12/2020).

Sementara itu, Sandiaga Uno konon sudah beberapa kali dipanggil Jokowi ke Istana. Sedangkan Wahyu Sakti Trenggono konon diusulkan langsung oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Berikut ini nama-nama baru yang diisukan bakal masuk kabinet:

1. Sandiaga Uno

2. Tri Rismaharini (Risma)

3. M Luthfi

4. Yahya Cholil Staquf


Berikut ini nama-nama menteri yang diisukan bakal dirotasi:

- Wahyu Sakti Trenggono jadi Menteri KKP


Apakah Presiden Jokowi benar-benar akan mengumumkan reshuffle kabinet di akhir tahun 2020 dan apakah betul enam kementerian tersebut yang dievaluasi? Tentunya itu sepenuhnya hak prerogatif presiden. Kita tunggu saja langkah Jokowi mengoptimalkan pemerintahan.


Sumber: Detik

Posting Komentar

0 Komentar