HOT

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tingkatkan Pengawasan Pilkada Purwakarta 2018, Panwaslu Ajak Buruh dan Guru Ikut Berpartisipasi Mengawasi

Panwaslu Kabupaten Purwakarta mengadakan sosialisasi bagi asosiasi buruh dan guru madrasah di Hotel Grand Situ Buleud, Kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta pada Sabtu (5/5/2018) siang.


SUARAPURWAKARTA - Mengetatkan pengawasan pada saat tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2018, Panwaslu Kabupaten Purwakarta mengadakan sosialisasi bagi asosiasi buruh dan guru madrasah.

Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Grand Situ Buleud, Kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta pada Sabtu (5/5/2018) siang.

Pada sosialisasi itu, Panwaslu Purwakarta menjelaskan mengenai pengawasan bagi masyarakat pada pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Agar menuju Pilkada berintegritas dan berkualitas. Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang ST Binos mengatakan semua elemen harus turut menjadi pengawas.

"Mari kita awasi bersama seluruh tahapan Pemilukada Purwakarta maupun Jabar. Laporkan segera ke Panwaslu jika di lapangan ditemukan dugaan pelanggaran," kata Binos usai sosialisasi.

Menurutnya, jika ada laporan pelanggaran dari masyarakat, Panwaslu akan segera menindaklanjutinya.

Selain Binos, Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana pun turut hadir dalam sosialisasi yang digelar.

Sebagai penyelenggara pemilu, Ramlan menjadi narasumber juga pada kegiatan yang diinisiasi oleh Panwaslu kabupaten itu.

Menurutnya, sosialisasi bagi buruh maupun guru ini sangatlah baik. Terutama dalam tahapan pilkada yang kini tengah berjalan.

Peran guru, kata Ramlan cukup bisa mendapat pengaruh besar dalam pengawasan pemilu.

"Mereka (guru) bisa berperan aktif dalam melakukan pencerdasan politik bagi pemilih pemula," ucap Ramlan.

Ditambah lagi, di mata masyarakat, guru itu sosok yang patut digugu dan ditiru.

Selain guru, perwakilan serikat pekerja yang hadir pun dianggap memiliki peran penting pula saat pilkada.

Tidak jarang, menurut Ramlan, pabrik-pabrik dan tempat kerja pekerja ini menjadi kelompok yang jarang tersentuh dalam kaitannya sosialisasi penyelenggaraan kepemiluan.

"Oleh karena itu sosialisasi ini cukup efektif mengingat dengan posisi mereka ini yang cukup strategis. Dan belum terlambat, selamat hari Buruh dan Hardiknas," ujar dia. (*)



Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Tingkatkan Pengawasan Pilkada, Panwaslu Purwakarta Ajak Buruh dan Guru Ikut Berpartisipasi Mengawasi, http://jabar.tribunnews.com/2018/05/05/tingkatkan-pengawasan-pilkada-panwaslu-purwakarta-ajak-buruh-dan-guru-ikut-berpartisipasi-mengawasi?page=all